Tuesday 21 April 2015

Fermentasi Untuk Menambah Nafsu Makan Ayam Broiler

Banyak cara yang dilakukan para peternak ayam broiler untuk menambah nafsu makan peliharaannya, diantaranya adalah dengan memberikan suplemen/vitamin yang tersedia ditoko-toko peternakan. Karena tujuan utama berternak ayam broiler adalah untuk diambil dagingnya. Jadi dengan nafsu makan yang baik dan dengan kesehatan yang baik pula tentunya maka akan bisa mencapai bobot yang diinginkan. Ada banyak sekali macam produk yang tersedia ditoko untuk penambah nafsu makan ayam. Tapi ada sebagian peternak yang kurang puas jika hanya menggunakan produk-produk yang tersedia ditoko, mereka lebih suka ber experimen dengan membuat fermentasi dengan memanfaakan bahan yang ada disekitar. Salah satunya adalah seorang peternak senior yang ada didaerah saya :-D.

Bisa dikatakan senior karena beliau sudah beternak ayam dari tahun 80'an, tepatnya tahun berapa saya kurang tahu karena saya belum lahir :-D. Beliau dari dulu selalu mengggunakan fermentasi buatan sendiri untuk menambah nafsu makan ayam yang katanya juga bisa menambah kesehatan untuk ayam. Untung saja beliau mau membagi sedikit ilmunya dengan saya dan sekarang mau saya bagikan bagi agan-agan semua barang kali berguna.

Bahan yang digunakan untuk fermentasi ini cukup mudah kita temui disekitar kita, langsung saja kita siapkan bahan-bahan dan alatnya:

EM4 (1botol)

Tetes Tebu (2botol)

Kunyit (4kg)

Temu Ireng/Hitam (2kg)

Temulawak (2kg)

Ember
Plastik

Tali Karet Ban

Cara Membuat:
  1. Tumbuk/blender ketiga bahan (kunyit, temu ireng, temulawak)
  2. Taruh diatas kain ketiga bahan tersebut kemudian diperas diambil airnya
  3. Campurkan EM4 + Tetes tebu kedalam ember
  4. Kemudian campurkan hasil perasan tadi kedalam ember
  5. Tutup ember dengan plastik
  6. Ikat yang kuat dengan tali karet
  7. Buka setiap 3hari sekali untuk diaduk+untuk mengeluarkan gas yang ada didalam supaya tidak meledak
Untuk hasil yang sempurna tunggu sampai kadar alkohol hilang, biasanya bisa sampai 1bulan. Tapi jika ingin segera menggunakannya, 1-2minggu proses fermentasi sudah bisa digunakan. Nah, itulah ilmu yang saya dapatkan dari beliau, bagi yang berminat silahkan mencoba dirumah.

Selamat Mencoba :-)

2 comments: