Friday 1 May 2015

Mencegah dan Menangani Heat Stress Pada Ayam


akibat heat stress
Heat stress yang biasa mnyerang ayam bisasanya disebabkan oleh kondisi suhu udara lingkungan melebihi suhu normal (> 28oC) sehingga ayam tidak mampu untuk menyeimbangkan antara produksi dan pembuangan panas tubuhnya. Ayam dewasa lebih rentan terserang heat stress karena telah memiliki bulu yang sempurna sehingga mempersulit pembuangan panas tubuhnya. Selain itu, ukuran tubuh yang besar dapat menghasilkan panas tubuh lebih banyak. Ada beberapa faktor penyebab ayam mengalami heat stress diantaranya adalah:

1. Kepadatan yang kurang sesuai 

Kondisi kandang yang terlalu sempit akan mengakibatkan kompetisi dalam memperoleh oksigen semakin tinggi. Selain itu, kondisi kandang akan menjadi semakin panas karena secara normal ayam juga menghasilkan panas tubuh

2. Manajemen kandang yang kurang baik

Suasana didalam kadang terbuka (open house) tentuya sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan. Hindari jarak antar kandang yang terlalu sempit atau dinding kandang yang bersebelahan dengan tebing karena bisa mengakibatkan sirkulasi udara kurang baik

3. Kandungan nutrisi yang tidak sesuai kebutuhan

Ransum yang mempunyai kandungan protein kasar berlebih bisa memperparah kasus heat stress, karena kelebihan protein kasar akan diuraikan oleh tubuh ayam untuk dibuang bersama feses. Penguraian protein kasar ini akan menghasilkan panas tubuh yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pencernaan karbohidrat maupun lemak. Selain itu, protein kasar yang terbuang bersama feses akan diuraikan oleh bakteri yang ada di dalam feses menjadi amonia dan panas.

4. Iklim

Saat musim kemarau, di daerah beriklim tropis, saat siang hari suhu lingkungan akan mencapai titik tertinggi dan kelembaban udaranya akan berada pada titik terendah (udaranya kering). Kondisi ini akan dirasakan oleh ayam sebagai suatu kondisi yang tidak nyaman atau ayam mengalami heat stress.

Beberapa faktor diatas adalah pemicu terjadinya heat stress pada ayam, sedangkan cara untuk mencegah terjadinya heat stress pada ayam adalah

  1.  Buatlah kandang dengan sirkulasi udara yang baik
  2.  Pilih bahan atap yang mampu mengurangi panas. Akan lebih baik menggunakan sistem atap monitor. Jika perlu tambahkan sistem hujan buatan di atas atap yang digunakan saat kondisi suhu panas. Dalam membuat kandang panggung usahakan mempunyai ketinggian sekitar 1,25-2m, karena dengan ketinggian tersebut mempunyai sirkulasi udara yang baik
  3. Perhatikan jarak antar kandang. Jarak antar kandang minimal 1 x lebar kandang (lebar kandang sebaik-nya tidak lebih dari 7-8 m)
  4.  Atur kepadatan kandang, misalnya 1 m2 untuk 15 kg ayam pedaging dan 8 ekor/m2 untuk ayam petelur umur 6-16 minggu
  5.  Sediakan air minum yang berkualitas dalam jumlah yang cukup
  6.  Berikan pakan dengan nutrisi yang sesuai dan dan merata dalam pembagiannya
  7.  Atur sistem buka tutup tirai kandang, sesuaikan dengan kondisi cuaca

Apabila heat stress masih menyerang ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengurangi dampak yang diakibatkan oleh heat stress tersebut
  •  Nyalakan fan atau kalau perlu tambahkan blower untuk mengatur sirkulasi udara dan berikan “hujan buatan” saat suhu lingkungan melebihi standar.
  •  Kurangi jumlah ransum yang diberikan pada saat kondisi kandang panas dan langsung berikan ransum saat suhu mulai menurun. Perlu diperhatikan jumlah ransum yang diberikan harus sesuai standar, hanya saja waktu pemberiannya yang diubah. 
  • Atur konsumsi air minum. Saat suhu sedang tinggi nafsu minum ayam meningkat drastis bahkan bisa sampai 50%, berikan air minum dengan kualitas yang baik dan jumlah yang cukup.
  • Kurangi kepadatan kandang sebesar 10% dengan memperlebar sekat
  • Berikan tambahan nutrisi seperti elektrolit dan vitamin.
 Sekian tips yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menangani heat stress pada ayam. Semoga membantu :-)

2 comments:

  1. Untuk membantu peternak mengatasi heat stress pada ayam broiler, saat ini aos farm telah mengeluarkan produk organik yang bernama kasan vit. Untuk lebih jelasnya silahkan berkunjung ke www.aosfarm.blogspot.com/kasan-vit.

    ReplyDelete
  2. Untuk membantu peternak mengatasi heat stress pada ayam broiler, saat ini aos farm telah mengeluarkan produk organik yang bernama kasan vit. Untuk lebih jelasnya silahkan berkunjung ke www.aosfarm.blogspot.com/kasan-vit.

    ReplyDelete