Friday 8 May 2015

Kelumpuhan Pada Ayam

Salah satu penyakit yang sering muncul saat pemeliharaan ayam broiler adalah kelumpuhan. Penyakit ini banyak menyerang ayam yang berumur 1bulan keatas. Kelumpuhan bisa terjadi akibat faktor keturunan atau tatalaksana yang kurang tepat. Yang dimaksud tatalaksana disini adalah pemberian pakan dengan nutrisi yang kurang sempurna. Hal ini sering dijumpai karena peternak cenderung mengejar berat badan dalam waktu singkat dengan cara memberikan ransum yang mempunyai kadar karbohidrat dan lemak tinggi sementara kebutuhan mineral, protein dan vitamin-vitamin lainnya kurang diperhatikan. Padahal untuk membantu pertumbuhan tulang dan saraf banyak memerlukan mineral dan vitamin, sementara untuk pertumbuhan otot memerlukan banyak protein. Berikut ini beberapa hal penyebab terjadinya kelumpuhan,gejala klinis dan cara untuk mengatasinya


A. Penyebab kelumpuhan

  1. Kandungan nutrisi dalam ransum
      Kandungan lemak dan karbohidrat yang terlalu tinggi sedangkan kandungan mineral, protein, dan vitamin yang rendah sangat tidak sesuai dengan kebutuhan ayam. Hal ini hanya akan menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh ayam sedangkan pertumbuhan otot dan kerangka menjadi lemah.Akibatnya kaki ayam menadi lumpuh/lemah karena tidak kuat menahan berat badan yang terus bertambah.

  2. Adanya penyakit yang menyerang pada tubuh ayam
      Apabila tubuh ayam sudah terserang penyakit tentu saja penyerapan nutrisi dalam tubuh ayam menjadi terganggu. Akibatnya ayam tersebut mengalami kekurangan gizi yang diperlukan.

  3. Rachitis
     Rachitis pada ayam menunjukan gejala seperti paruh ayam menjadi lunak, kaki yang bengkok, gaya ayam berjalan kaku, tulang yang salah bentuknya, keseimbangan kurang sempurna, bulu kusam dan juga angka kemtian tinggi.


B. Gejala klinis dan cara mengatasi

  -Sendi pada kaki membengkak dan ayam malas berdiri
    Hal ini biasa terjadi ketika ayam berumur 2minggu karena ayam kekurangan unsur mineral. Akibatnya sendi kaki semakin membesar sehingga kaki menjulur kedepan/keluar dimana posisi sendi menahan alas lantai.
    cara mengatasi: Air minum atau ransum diberi meneral extra

  -Kaki sebelah kiri atau kanan menjulu keluar sebatas sendi akibat pertumbuhan sendi yang tidak sempurna
    cara mengatasi: Kurangi unsur-unsur seperti kahbohidrat dan lemak kemudian tambahkan unsur mineral seperti Ca, P dan D3.

   -Kedua kaki melebar kesamping kanan dan kiri
    Awalnya ayam nampak sempoyongan, jalan kaku, dan bahkan rebah. Hal ini terjadi karena ayam kekurangan unsur mineral seperti mangan, seng dan vitamin (A & B)
  -Keadaan kaki lemah
    Sering terjadi ketika ayam berumur 25hari keatas karena memiliki laju pertumbuhan yang cepat dan tidak seimbang dengan kekuatan kaki yang menahan berat badan, akibatnya ayam menjadi lumpuh.
 cara mengatasi: tambahkan feed suplement vitamin dan mineral yang diperlukan kedalam ransum

1 comment:

  1. Numpang komentar ya gan,
    Saya ingin memberitahukan informasi mengenai tentang Ayam-ayaman.
    Bagi para Botoh pemula yang ingin belajar cara ternak ayam, merawat ayam, menjadi ayam lebih kuat.

    Anda Bisa Mengunjungi Artikel Ayam Aduan Dipersembahkan Oleh tajenonline.com

    Melatih Ayam Aduan Tidak Bermain Bagian Bawah
    https://tajenonline.com/melatih-ayam-aduan-tidak-bermain-bagian-bawah/

    Anda Juga Bisa Melakukan Chatting Langsung Di Whatsapp Kami +62-8122-222-995

    Terima Kasih Sudah Membaca Komentar Saya

    ReplyDelete