Wednesday 13 May 2015

Penyakit Fowl Cholera atau Berak Hijau

Fowl cholera atau berak hijau adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Pasteurella Multocida, bakteri ini bisa berkembang cepat pada kondisi kelembaban tinggi. Karen itu wabahnya sering muncul pada saat musim penghujan. Selain itu kondisi kandang yang kurang terjaga kebersihannya akan membuat penyakit ini mudah menular dan menyerang ayam.
Beberapa gejala yang muncul pada ayam apabila terserang fowl cholera adalah sebagai berikut
  • kotoran ayam berwarna hijau
  • ujung jengger berwarna biru kehitaman
  • keluar cairan dari mulut
  • kadang bisa sampai bengkak pada sambungan lutut sehingga ayam menjadi lumpuh
  • nafsu makan menurun
  • pial bagian bawah bengkak
  • jika komplikasi dengan snot atau korisa maka muka ayam akan bengkak kebiruan
Sistem Penularan
Penyakit ini mempunyai sifat penularan secara horizontal yaitu menular dari ayam satu keayam yang lain. Penularan ini bisa melalui tampat makan dan minum, petugas kandang yang berpindah dari kadang yang terkontaminasi penyakit ke kandang sehat, hewan liar seperti tikus dan burung, serta ayam sakit yang keluar dari kandang.

Selain dari media tersebut, pakan juga bisa menjadi media penularan penyakit ini. Penyimpanan pakan yang kurang baik, misalnya tempat penyipanan yang lembab tentu akan membuat bakteri penyebab berak hijau berkembang pada pakan. Apabila pakan yang sudah terkontaminasi diberikan ke ayam, tentu saja ayam tersebut bisa terserang penyakit berak hijau.

Cara Pencegahan
Langkah antisipasi yang bisa dilakukan adalah sanitasi kandang dan lingkungan sekitar. Kebersihan tempat makan, minum, lantai dan dinding selalu terjaga. Lakukan juga penyemprotan pada kandang dan peralatan dengan menggunakan antiseptik.
Bersihkan kotoran ayam sesering mungkin karena kalau sampai menumpuk membuat kandungan amoniak didalam kandang menjadi tinggi. Sirkulasi udara harus berjalan lancar supaya bakteri penyebab berak hijau tidak berkembang.
Berikan pakan yang mengandung nutrisi sesuai kebutuhan ayam. Kualitas pakan juga harus dijaga jangan sampai pakan yang diberikan terkontaminasi bibit penyakit atau jamur.

Pengobatan Penyakit
Ayam yang sakit harus dikarantina terlebih dahulu supaya mudah menanganinya. Pengobatan bisa diberiakan baik melalui minum maupun suntikan. Kandang tempat ayam terserang penyakit harus disemprot mengunakan antiseptik.
Obat yang bisa diberikan adalah obat yang mengandung antibiotika yang akan membantu ayam membunuh bakteri penyebab berak hijau. Antibiotika yang bisa diberikan antara lain furozolidon, coccilin, neo terramicyn, tetra atau meycomas. Selain itu juga bisa menggunakan preparat sulfat atau antibiotik noxal, ampisol atau inequil.

No comments:

Post a Comment